- A. PROGRAM-PROGRAM STRATEGIS
Program-program strategis yang direncanakan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan, meliputi:
- Peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan lainnya.
- Peningkatan efektivitas proses pembelajaran dan bimbingan.
- Peningkatan efektivitas kegiatan ekstra kurikuler.
- Peningkatan mutu layanan perpustakaan.
- Peningkatan efektivitas laboratorium IPA.
- Pengadaan sarana dan prasarana praktek computer.
- Pembudidayaan lahan sekolah untuk kegiatan pelatihan wira usaha dan sumber belajar.
- Peningkatan efektivitas pemanfaatan ruang dan lingkungan sekolah.
- Peningkatan popularitas sekolah dan perluasan akses pendidikan.
- Pemantapan koordinasi dengan instansi terkait, stake holder dan kerja sama dengan pihak lain guna menunjang program sekolah.
- B. STRATEGI PELAKSANAAN
- Program 1 : Peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan lainnya.
- Mengirim guru dan tenaga kependidikan lainnya mengikuti penataran/ diklat.
- Mengaktifkan MGMP tingkat sekolah.
- Mengadakan workshop tingkat sekolah.
- Meyediakan buku-buku pegangan/ referensi.
- Mengadakan anjangsana dan studi banding ke sekolah lain.
- Program 2 : Peningkatan efektivitas proses pembelajaran dan bimbingan.
- Menambah/ melengkapi buku pelajaran dan alat –alat peraga.
- Melaksanakan Ulangan Harian dan Ulangan Block secara terprogram.
- Optimalisasi Program Perbaikan dan Pengayaan.
- Optimalisasi layanan BK.
- Melaksanakan bimbingan belajar khusus.
- Program 3: Peningkatan efektivitas pembinaan kegiatan ekstrakurikuler.
- Menyusun program pembinaan setiap cabang kegiatan.
- Melaksanakan program pembinaan dan try out.
- Monitoring dan Evaluasi kegiatan.
- Program 4: Peningkatan mutu layanan perpustakaan.
- Menambah buku-buku bacaan / koleksi perpustakaan.
- Menertibkan administrasi perpustakaan.
- Menambah/ melengkapi sarana dan prasarana perpustakaan lainnya.
- Penambahan mebelair dan penataan ruang agar lebih kondusif.
- Program 5: Peningkatan efektivitas laboratorium IPA
- Menertibkan administrasi laboratorium.
- Pengadaan mebelair ruang laboratorium IPA.
- Menambah alat-alat dan bahan praktikum.
- Menambah/ melengkapi sarana dan prasarana laboratorium lainnya.
- Penataan ruang agar lebih kondusif.
- Program 6 : Pengadaan sarana dan prasarana praktek komputer.
- Membangun Ruang Laborat Komputer
- Mengadakan PC dan sarana pendukungnya.
- Pengadaan bahan ajar.
- Menyusun program operasional, perawatan, perbaikan dan peremajaan mesin.
- Program 7: Pembudidayaan lahan sekolah untuk kegiatan pelatihan wira usaha dan sumber belajar.
- Pengadaan ruang ketrampilan dan gudang.
- Pengadaan alat-alat kegiatan usaha budi daya pertanian.
- Membentuk dan melaksanakan kegiatan Wira usaha.
- Menjalin kerjasama dengan pengusaha terkait.
- Program 8: Peningkatan efektivitas pemanfaatan ruang dan lingkungan sekolah.
- Optimalisasi pemanfaatan sarana dan prasarana sekolah.
- Penambahan mebelair ruang kelas.
- Perbaikan selasar bangunan dan saluran drainase.
- Membangun talud-talud pengaman.
- Penyempurnaan taman dan optimalisasi pemanfaatan lahan sekolah.
- Penyempurnaan pagar, gapura dan papan nama sekolah
- Pengadaan Papan Data/ Papan Informasi Sekolah.
- Melaksanakan penghijauan lingkungan sekolah.
- Program 9: Peningkatan popularitas sekolah dan perluasan akses pendidikan.
- Sosialisasi sekolah dengan SD-SD dan pendataan siswa SD di Sembawa dan sekitarnya.
- Sosialisasi sekolah dengan masyarakat dan pendataan siswa putus sekolah di Sembawa dan sekitarnya.
- Mengadakan lomba tingkat SD, gebyar pendidikan, pentas seni, bhakti sosial, dll.
- Program 10: Pemantapan koordinasi dengan instansi terkait, stake holder dan kerja sama dengan pihak lain guna menunjang program sekolah.
- Menjalin komunikasi dengan pihak terkait.
- Sosialisasi program sekolah kepada pihak terkait.
- Menyusun proposal kegiatan peningkatan mutu sekolah.
- Program 1 : Peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan lainnya.
- OUTPUT YANG DIHARAPKAN
Melalui program-program strategis yang direncanakan tersebut, maka pada akhir tahun pelajaran 2014 / 2015 output yang diharapkan adalah:
- Program 1 : Peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan lainnya.
- Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, semua guru memahami dan mampu mengimplementasikan Kurikulum Berbasis Kompetensi dengan metode dan pendekatan pembelajaran yang relevan sehingga terwujudnya proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
- Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, semua personil tenaga kependidikan memahami dan mampu melaksanakan tugas sesuai bidang tugasnya sehingga terwujudnya tata kerja organisasi sekolah yang dinamis, efektif dan efisien.
- Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, semua dokumen administrasi pengelolaan sekolah telah dikerjakan dengan tertib dan teratur dan mudah diakses.
- Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, minimal 90% siswa mencapai ketuntasan belajar untuk semua mata pelajaran.
- Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, minimal 90% siswa lulus ujian nasional.
- Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, nilai rata-rata hasil ujian nasional mencapai minimal 6,50.
- Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, memiliki tim atletik yang mampu meraih juara tingkat kabupaten
- Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, minimal 90% siswa mampu melaksanakan ibadah wajib sesuai ajaran agamanya.
- Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, memiliki tim kesenian yang mampu tampil pada acara tingkat kabupaten.
- Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, memiliki siswa berprestasi akademik yang mampu meraih juara tingkat kabupaten.
- Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, memiliki regu pramuka / PMR yang mampu meraih juara tingkat kabupaten.
- Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, memiliki sarana prasarana perpustakaan yang memadai untuk menunjang proses belajar mengajar.
- Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, tercukupi rasio jumlah buku pegangan siswa dengan jumlah siswa 1 : 2.
- Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, memiliki sarana prasarana Laborat IPA yang memadai untuk proses belajar mengajar.
- Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, kegiatan praktikum IPA dapat terlaksana sesuai program.
- Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, memiliki laboratorium computer yang memadai untuk proses pembelajaran.
- Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, minimal 40 % lulusan mampu mengoperasikan komputer berbasis Windows dengan program aplikasi MS. Word dan MS. Excel, serta pengetahuan dasar mengakses internet.
- Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, memiliki sarana prasarana kegiatan praktek wira usaha budi daya pertanian.
- Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, minimal 60 % siswa memiliki ketrampilan usaha budi daya pertanian.
- Program 8 : Peningkatan efektivitas pemanfaatan ruang dan lingkungan sekolah.
- Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, memiliki ruang pertemuan yang memadai untuk penyelenggaraan rapat pleno dan rapat – rapat lainnya.
- Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, memiliki taman sekolah yang memadai.
- Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, memiliki lingkungan yang bersih, indah dan sehat dengan tamanam-tanaman peneduh di areal sekolah.
- Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, pagar sekolah telah dilengkapi dengan kawat berduri yang cukup menjamin keamanan sekolah.
- Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, memiliki papan nama, papan data/ papan informasi yang lengkap.
- Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, setiap bangunan sekolah telah memiliki selasar dan drainase yang lancar.
- Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, memiliki gudang penyimpanan yang terjamin keamanannya.
- Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, memiliki kantin sekolah yang terjamin kebersihan dan kesehatannya.
- Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, minimal 90 % siswa lulusan SD pendukung melanjutkan ke SMP.
- Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, APM Pendidikan Dasar desa Kasinoman dan sekitarnya minimal 80%.
- Program 10 : Pemantapan koordinasi dengan instansi terkait, stake holder dan kerja sama dengan pihak lain guna menunjang program sekolah..
- Selama Tahun Pelajaran 2009/ 2010 – 2014/2015, memperoleh bantuan lewat APBD, APBN atau yang lainnya untuk menunjang program sekolah.
- Selama Tahun Pelajaran 2009/ 2010 – 2014/2015, terjalin kerjasama dengan orangtua, alumnus atau pihak lain untuk menunjang program sekolah.
- Program 2 : Peningkatan efektivitas proses pembelajaran dan bimbingan.
- Program 3 : Peningkatan efektivitas pembinaan kegiatan ekstrakurikuler.
- Program 4 : Peningkatan mutu layanan perpustakaan.
- Program 5 : Peningkatan efektivitas laboratorium IPA.
- Program 6 : Pengadaan sarana dan prasarana praktek komputer.
- Program 7 : Pembudidayaan lahan sekolah untuk kegiatan pelatihan wira usaha dan sumber belajar.
- Program 9 : Peningkatan popularitas sekolah.
Leave a comment