PROFIL

Nama Sekolah              :     SMP Negeri 5 Pagentan

Alamat                            :     Jalan Karekan Pagentan Banjarnegara

NSS                                 :     201030414106

Akreditasi                       :     B

  1. Visi Sekolah

Gambaran masa depan yang akan dicapai SMP Negeri 5 Pagentan dirumuskan dalam visi sekolah : “ TEKUN DALAM BELAJAR, KREATIF DAN BERAKHLAK MULIA “, dengan indikator sebagai berikut :

1)       Setiap warga sekolah mampu menghayati dan mengamalkan ajaran agama.

2)       Siswa yang telah menyelesaikan pendidikan memiliki kompetensi yang memadai untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

3)       Siswa yang telah menyelesaikan pendidikan memiliki bekal kecakapan hidup ( life skill ) guna mempersiapkan diri untuk hidup bermasyarakat.

4)       Setiap siswa selalu gigih untuk belajar sehingga potensi siswa berkembang secara optimal dan mampu bersaing dalam bidangnya, kaya akan kreasi dan menjunjung tinggi budi pekerti luhur.

5)       Terwujudnya sekolah yang efektif dengan dilandasi budaya disiplin, budaya belajar dan budaya kerja sebagai etos warga sekolah.

  1. Misi Sekolah

Untuk merealisasikan visi sekolah dengan indikator – indikator tersebut di atas, maka SMP Negeri 5 Pagentan mempunyai misi sebagai berikut :

a)         Mendorong dan membantu setiap peserta didik untuk mengenali potensi dirinya agar dapat berkembang secara maksimal.

b)         Meningkatkan penghayatan dan pengamalan ajaran agama

c)         Mengembangkan kepribadian yang bertanggungjawab, disiplin, jujur dan kompeten.

d)         Melaksanakan pembiasaan hidup bersih dan sehat.

e)         Mengembangkan lingkungan sekolah menuju komunitas belajar sehingga tercipta suasana sekolah yang kondusif, nyaman, dan menyenangkan untuk belajar.

  1. Tujuan Sekolah

Visi sekolah merupakan gambaran tujuan yang sangat luas dan akan dicapai melalui program jangka panjang. Untuk itu perlu dilakukan penahapan melalui program jangka menengah dengan tujuan-tujuan yang  lebih spesifik. SMP Negeri 5 Pagentan merumuskan program jangka menengah ini dalam Rencana Strategis (Renstra) selama 4 Tahun. Adapun tujuan sekolah yang akan dicapai dalam 4 tahun mendatang ( akhir tahun pelajaran 2014/2015) adalah:

1).     Terwujudnya proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.

2).     Terwujudnya tata kerja organisasi sekolah yang dinamis, efektif dan efisien.

3).     Minimal 90% siswa mencapai ketuntasan belajar pada setiap mata pelajaran

4).     Minimal 90% siswa lulus ujian nasional.

5).     Program pembinaan olah raga ( khususnya atletik) terlaksanan efektif ditandai dengan mampu meraih juara tingkat kabupaten.

6).     Program pembinaan keagamaan dan budi pekerti terlaksana efektif, ditandai dengan meningkat-nya prosentase siswa yang mampu melaksanakan ibadah wajib sesuai ajaran agamanya.

7).     Program pembinaan kesenian terlaksana efektif ditandai dengan mampu tampil pada acara tingkat kabupaten.

8).     Program pembinaan siswa berprestasi akademik terlaksana efektif ditandai dengan mampu meraih juara tingkat kabupaten.

9).         Program pembinaan Kepramukaan dan PMR terlaksana efektif ditandai dengan mampu meraih juara tingkat kabupaten.

10).      Memiliki Perpustakaan yang memadai untuk menunjang proses belajar mengajar.

11).      Memiliki Laborat IPA yang memadai untuk menunjang proses belajar mengajar.

12).      Memiliki Laborat Komputer yang memadai untuk proses belajar mengajar dan minimal 40 % lulusan mampu mengoperasikan komputer berbasis Windows dengan program aplikasi MS. Word dan MS. Excel, MS. Powerpoint serta pengetahuan dasar mengakses internet.

13).      Memiliki sarana prasarana kegiatan praktek wira usaha budi daya pertanian untuk mendukung pendidikan yang berorientasi kecakapan hidup ( life skill ) dan minimal 60 % lulusan memiliki ketrampilan wira usaha budi daya pertanian.

14).      Memiliki lingkungan yang aman, bersih, sehat dan kondusif untuk penyelenggaraan pendidikan.

15).      Memiliki ruang pertemuan yang memadai untuk penyelenggaraan rapat pleno dan pertemuan-pertemuan lainnya.

16).      Memiliki kantin sekolah yang terjamin kebersihan dan kesehatannya.

17).      Memiliki gudang penyimpanan barang yang terjamin keamanannya.

18).      Dokumen-dokumen administrasi pengelolaan sekolah telah dikerjakan dengan tertib dan teratur untuk menjamin kemudahan mengakses informasi.

19).      Meningkatnya prosentase lulusan SD yang melanjutkan ke SMP dan meningkatnya APM desa Sembawa dan sekitarnya.

20).      Meningkatnya kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan.

Leave a comment