manfaat teh


Hidup  dengan udara yang penuh polusi, jalan-jalan yang macet, orang yang cenderung tidak tertib, persaingan yang tinggi membuat kemungkinan stress juga tinggi. Kesibukan yang padat sering menyebabkan pola makan tidak sehat. Akibatnya metabolisme tubuh juga terganggu, menghasilkan zat buangan yang berbahaya. Selain itu, kadar polutan di udara Jakarta yang tinggi menyebabkan radikal bebas dalam darah kita.

Ingin minuman sehat, juga nikmat. Teh. Tea. Teh (Camelia Sinensis) merupakan tanaman yanq umumnya tumbuh di daerah yang beriklim tropis dengan ketinggian antara 200-2000 meter di atas permukaan laut dengan suhu cuaca antara 14-25 derajat Celsius. Ketinggian tanaman dapat mencapai 9 meter untuk teh China dan teh Jawa, sedangkan untuk teh jenis Assamica dapat mencapai 12-20 meter. Namun untuk mempermudah pemetikan daun-daun teh sehingga mendapatkan pucuk daun muda yang baik, pohon teh selalu dijaga pertumbuhannya dengan cara dipotong maksimal 1 meter.

Minum teh ternyata tak hanya menyegarkan. Para ahli terus melakukan penelitian tentang manfaat teh, khususnya terhadap kesehatan.

Teh mempunyai kadar antioksidan. Salah satu jenis teh, Teh hijau, memiliki antioksidan alami yang tinggi yang disebut polyphenol. Zat ini dapat membantu menghalangi pertumbuhan sel kanker kulit. Selain itu, pengaruh antioksidan tersebut membantu liver berfungsi lebih efektif, sehingga teh hijau juga dapat membantu mempercepat tingkat metabalisme. Anti oksidan juga ampuh menetralkan kandungan radikal bebas akibat polusi atau sisa-sisa metabolisme. Antioksidan juga dipercaya dapat menekan pertumbuhan sel kanker.

Manfaat lain yang terus diteliti adalah kaitannya dengan mencegah penyakit jantung. Sepenti diketahui, pengaruh ontioksidan juga dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol LDL dalam arteri sehingga membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

Bagi penderita diabetes, kandungan polyphenol juga bermanfat untuk membantu menurunkan tingkat gula darah. Seperti diketahui, tingginya glukosa dan insulin dalam darah memungkinkan orang terkena diabetes.

Ingin sehat? Biasakanlah minum teh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: