Mungkin anda pernah mengalami kedutan, yakni adanya getaran cepat pada bagian tertentu. Datangnya tiba tiba, dan tak dapat di kendalikan. Mungkin dari sinilah kemudian orang membuat tafsir yang bermacam macam tentang kedutan. Untuk setiap anggota badan yang kedutan memiliki tafsir dan yang berbeda.
Konon, jika seluruh bagian tubuh berkedut, itu tandanya akan menghadapi banyak urusan . jika hanya kepala sebelah kiri saja berarti akan mendapat rejeki “ NOMPLOK”. Jika kepala sebelah kanan saja yang berkedut , akan dapat pujian banyak orang. Jika alis yang berkedut katanya akan bertemu dengan orang yang di cintai. Lain halnya jika yang berkedut adalah kulit mata sebelah kanan , konon dia akan menangis karena akan mendapat kejadian yang menyakitkan. Ada juga yang bilang kalau daun telinga berkedut itu tandanya ada yang membicarakan keburukanya.
Begitulah seterusnya, orang membuat tafsir kedutan dari ubun ubun hingga ujung kaki. Beberapa kalangan masih mempercayai hal ini, sebagian menganggap sebagai “FIRASAT” ada pula yang menganggapnya sebagai khurafat.
Firasat memang ada
Kalangan ulama tidak mengingkariadanya firasat yang dimiliki orang mukmin. Ibnul qayyim Al-jauziah termasuk ulama yang menguatkan adanya firasat bagi orang mukmin, seperti terlihat dalam karya karya beliau. Diantara yang beliau katakan adalah: “Barang siapa yang menjaga dhahirnya dengan mengikuti sunnah, menjaga hatinya dengan muraqabbah, menjaga matanya dari yang haram, dan mencegah nafsunya dari syubhat dan makan dari yang halal , niscaya firasatnya tidak salah”
Hanya saja, hakekat dan bagaimana terjdinya firasat sangatlah berbeda dengan apa yang di pahami oleh orang orang yang mempercayai hubungan “KEDUTAN” dengan peristiwa yang sedang dan akan terjadi.
Bisa juga dikatakan khurafat
Hasil otak atik orang yang mengaitkan kedutan dengan peristiwa tertentu bisa pula di katakan sebagai khurafat. Karena makna khurafat berasal dari ‘KHARAF’ yang berarti pikiran yang bingung.sedangkan secara istilah ada yang mengartikan dongeng, isu atau rumor yang tidak ada bukti kebenaranya.
Terdapat pila riwayat yang menyebutkan tentang asal usul khurafat. Khurafat bisa pula bermakna suatu keyakinan yang di hasilkan dari rekaan, hayalan atau otak atik yang mengaitkan kejadian satu dengan yang lain tanpa dasar ilmiah dan syar’iyah.istilah lain yang mingkin dekat dengan khurafat adalah MITOS.
Kedutan bukan pertanda apa apa. Apalagi tentang sebab terjadiya bisa di jelaskan secara medis. Kedutan pada kelopak mata misalnya , itu bisa terjadi akibat gangguan syaraf pada kelopak mata sehingga otot pada kelopak mata berkontraksi secara ritmis, tak ada hibunganya dengan peristiwa yang akan dialami. Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: