Program Kerja

  1. A. PROGRAM-PROGRAM STRATEGIS

Program-program strategis yang direncanakan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan,  meliputi:

  1. Peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan lainnya.
  2. Peningkatan efektivitas proses pembelajaran dan bimbingan.
  3. Peningkatan efektivitas kegiatan ekstra kurikuler.
  4. Peningkatan mutu layanan perpustakaan.
  5. Peningkatan efektivitas laboratorium IPA.
  6. Pengadaan sarana dan prasarana praktek computer.
  7. Pembudidayaan lahan sekolah untuk kegiatan pelatihan wira usaha dan sumber belajar.
  8. Peningkatan efektivitas pemanfaatan ruang dan lingkungan sekolah.
  9. Peningkatan popularitas sekolah dan perluasan akses pendidikan.
  1. Pemantapan koordinasi dengan instansi terkait, stake holder dan kerja sama dengan pihak lain guna menunjang program sekolah.
  1. B. STRATEGI PELAKSANAAN
    1. Program 1 : Peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan lainnya.
      1. Mengirim guru dan tenaga kependidikan lainnya mengikuti penataran/ diklat.
      2. Mengaktifkan MGMP tingkat sekolah.
      3. Mengadakan workshop tingkat sekolah.
      4. Meyediakan buku-buku pegangan/ referensi.
      5. Mengadakan anjangsana dan studi banding ke sekolah lain.
      6. Program 2 :  Peningkatan efektivitas proses pembelajaran dan bimbingan.
        1. Menambah/ melengkapi buku pelajaran dan alat –alat peraga.
        2. Melaksanakan Ulangan Harian dan Ulangan Block secara terprogram.
        3. Optimalisasi Program Perbaikan dan Pengayaan.
        4. Optimalisasi layanan BK.
        5. Melaksanakan bimbingan belajar khusus.
        6. Program 3: Peningkatan efektivitas pembinaan kegiatan ekstrakurikuler.
          1. Menyusun program pembinaan setiap cabang kegiatan.
          2. Melaksanakan program pembinaan dan try out.
          3. Monitoring dan Evaluasi kegiatan.
          4. Program 4:  Peningkatan mutu layanan perpustakaan.
            1. Menambah buku-buku bacaan / koleksi perpustakaan.
            2. Menertibkan administrasi perpustakaan.
            3. Menambah/ melengkapi sarana dan prasarana perpustakaan lainnya.
            4. Penambahan mebelair dan penataan ruang agar lebih kondusif.
        7. Program 5:  Peningkatan  efektivitas laboratorium IPA
          1. Menertibkan administrasi laboratorium.
          2. Pengadaan mebelair ruang laboratorium IPA.
          3. Menambah alat-alat dan bahan praktikum.
          4. Menambah/ melengkapi sarana dan prasarana laboratorium lainnya.
          5. Penataan ruang agar lebih kondusif.
        8. Program 6 :  Pengadaan sarana dan prasarana praktek komputer.
          1. Membangun Ruang Laborat Komputer
          2. Mengadakan PC dan sarana pendukungnya.
          3. Pengadaan bahan ajar.
          4. Menyusun program operasional, perawatan, perbaikan dan peremajaan mesin.
        9. Program 7: Pembudidayaan lahan sekolah untuk kegiatan pelatihan wira usaha dan sumber belajar.
          1. Pengadaan ruang ketrampilan dan gudang.
          2. Pengadaan alat-alat kegiatan usaha budi daya pertanian.
          3. Membentuk dan melaksanakan kegiatan Wira usaha.
          4. Menjalin kerjasama dengan pengusaha terkait.
        10. Program 8:  Peningkatan efektivitas pemanfaatan ruang dan lingkungan sekolah.
          1. Optimalisasi pemanfaatan sarana dan prasarana sekolah.
          2. Penambahan mebelair ruang kelas.
          3. Perbaikan selasar bangunan dan saluran drainase.
          4. Membangun talud-talud pengaman.
          5. Penyempurnaan taman dan optimalisasi pemanfaatan lahan sekolah.
          6. Penyempurnaan pagar, gapura dan papan nama sekolah
          7. Pengadaan Papan Data/ Papan Informasi Sekolah.
          8. Melaksanakan penghijauan lingkungan sekolah.
        11. Program 9: Peningkatan popularitas sekolah dan perluasan akses pendidikan.
          1. Sosialisasi sekolah dengan SD-SD dan pendataan siswa SD di Sembawa dan sekitarnya.
          2. Sosialisasi sekolah dengan masyarakat  dan pendataan siswa putus sekolah di Sembawa dan sekitarnya.
          3. Mengadakan lomba tingkat SD, gebyar pendidikan, pentas seni, bhakti sosial, dll.
          4. Program 10: Pemantapan koordinasi dengan instansi terkait, stake holder dan kerja sama dengan pihak lain guna menunjang program sekolah.
            1. Menjalin komunikasi dengan pihak terkait.
            2. Sosialisasi program sekolah kepada pihak terkait.
            3. Menyusun proposal kegiatan peningkatan mutu sekolah.
  1. OUTPUT YANG DIHARAPKAN

Melalui program-program strategis yang direncanakan tersebut, maka pada akhir tahun pelajaran 2014 / 2015  output yang diharapkan adalah:

  1. Program 1 : Peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan lainnya.
  1. Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, semua guru memahami dan mampu mengimplementasikan Kurikulum Berbasis Kompetensi dengan metode dan pendekatan pembelajaran yang relevan sehingga terwujudnya proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
  2. Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, semua personil tenaga kependidikan memahami dan mampu melaksanakan tugas sesuai bidang tugasnya sehingga terwujudnya tata kerja organisasi sekolah yang dinamis, efektif dan efisien.
  3. Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, semua dokumen administrasi pengelolaan sekolah telah dikerjakan dengan tertib dan teratur dan mudah diakses.
  4. Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, minimal 90% siswa mencapai ketuntasan belajar untuk semua mata pelajaran.
  5. Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, minimal 90% siswa lulus ujian nasional.
  6. Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, nilai rata-rata hasil ujian nasional mencapai minimal 6,50.
  7. Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, memiliki tim atletik yang mampu meraih juara tingkat kabupaten
  8. Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, minimal 90% siswa mampu melaksanakan ibadah wajib sesuai ajaran agamanya.
  9. Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, memiliki tim kesenian yang mampu tampil pada acara tingkat kabupaten.
  10. Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, memiliki siswa berprestasi akademik yang mampu meraih juara tingkat kabupaten.
  11. Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, memiliki regu pramuka / PMR yang mampu meraih juara tingkat kabupaten.
  12. Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, memiliki sarana prasarana perpustakaan yang memadai untuk menunjang proses belajar mengajar.
  13. Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, tercukupi rasio jumlah buku pegangan siswa dengan jumlah siswa 1 : 2.
  14. Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, memiliki sarana prasarana Laborat IPA yang memadai untuk proses belajar mengajar.
  15. Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015,  kegiatan praktikum IPA dapat terlaksana sesuai program.
  16. Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, memiliki laboratorium computer yang memadai untuk proses pembelajaran.
  17. Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, minimal 40 % lulusan mampu mengoperasikan komputer berbasis Windows dengan program aplikasi MS. Word dan MS. Excel, serta pengetahuan dasar mengakses internet.
  18. Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, memiliki sarana prasarana kegiatan praktek wira usaha budi daya pertanian.
  19. Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, minimal 60 % siswa memiliki ketrampilan usaha budi daya pertanian.
    1. Program 8 :  Peningkatan efektivitas pemanfaatan ruang dan lingkungan sekolah.
    2. Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015,  memiliki ruang pertemuan yang memadai untuk penyelenggaraan rapat pleno dan rapat – rapat lainnya.
    3. Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, memiliki taman sekolah yang memadai.
    4. Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, memiliki lingkungan yang bersih, indah dan sehat dengan tamanam-tanaman peneduh di areal sekolah.
    5. Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, pagar sekolah telah dilengkapi dengan kawat berduri yang cukup menjamin keamanan sekolah.
    6. Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, memiliki papan nama, papan data/ papan informasi yang lengkap.
    7. Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, setiap bangunan sekolah telah memiliki selasar dan drainase yang lancar.
    8. Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, memiliki gudang penyimpanan yang terjamin keamanannya.
    9. Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, memiliki kantin sekolah yang terjamin kebersihan dan kesehatannya.
    10. Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, minimal 90 % siswa lulusan SD pendukung melanjutkan ke SMP.
    11. Pada Akhir Tahun Pelajaran 2014/2015, APM Pendidikan Dasar desa Kasinoman dan sekitarnya minimal 80%.
      1. Program 10 : Pemantapan koordinasi dengan instansi terkait, stake holder dan kerja sama dengan pihak lain guna menunjang program sekolah..
      2. Selama Tahun Pelajaran 2009/ 2010 – 2014/2015, memperoleh bantuan lewat APBD, APBN atau yang lainnya untuk menunjang program sekolah.
      3. Selama Tahun Pelajaran 2009/ 2010 – 2014/2015, terjalin kerjasama dengan orangtua, alumnus atau pihak lain untuk menunjang program sekolah.
  1. Program 2 :  Peningkatan efektivitas proses pembelajaran dan bimbingan.
  1. Program 3 : Peningkatan efektivitas pembinaan kegiatan ekstrakurikuler.
  1. Program 4 :  Peningkatan mutu layanan perpustakaan.
  1. Program 5 :  Peningkatan  efektivitas laboratorium IPA.
  1. Program 6 :  Pengadaan sarana dan prasarana praktek komputer.
  1. Program 7 : Pembudidayaan lahan sekolah untuk kegiatan pelatihan wira usaha dan sumber belajar.
  1. Program 9 : Peningkatan popularitas sekolah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: